Indonesia Best Practices Laundry Awards 2018 Hadirkan Pengusaha Laundry Terbaik

Indonesia Best Practices Laundry Awards 2018 usai dilaksanakan. Event penghargaan untuk bisnis laundry terbaik di Indonesia ini diselenggarakan di Jakarta International Expo, Kemayoran.


Perhelatan awards tersebut juga menjadi penutup berlangsungnya Expo Clean & Expo Laundry 2018. Ajang ini merupakan bagian dari diadakannya Global Best Practices Awards 2018 yang diselenggarakan oleh CINET di Milan, Oktober 2018 mendatang.


CINET (International Committee of Textile Care) adalah payung dari asosiasi maupun perhimpunan organisasi laundry sedunia. CINET memiliki anggota dari ratusan negara dan Indonesia menjadi salah satunya. Asosiasi Laundry Indonesia (ASLI) telah menjadi bagian dari CINET dan kemudian didaulat mengadakan Indonesia Best Practices Laundry Awards 2018 (IBPLA2018).


Menurut Ketua Panitia Maria Eva, awards ini dilombakan dengan 2 kategori, yaitu kategori International Franchise & Dry Cleaning dan kategori Kilo’s Laundry. Ajang ini diikuti oleh 87 peserta dari seluruh daerah di Indonesia yang kemudian disaring menjadi 50 besar, lalu pada seleksi akhir ditetapkan 10 nominator dari kategori Kilo’ Laundry dan 3 nominator dari kategori International Franchise & Dry Cleaning. Para nominator tersebut selanjutnya melakukan presentasi di depan dewan Juri pada 29 Maret 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.


"Seluruh rangkaian proses IBPLA 2018 ini dilaksanakan dalam waktu yang sangat singkat yakni hanya 1,5 bulan," kata Eva.


Namun, berkat kerja keras timnya, ia berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian termasuk meeting dengan Sekretaris Jenderal CINET Leon Wennekes di Frankfurt, Jerman. Penjurian kepada para finalis dilakukan dengan mengunjungi workshop dan outlet peserta, melakukan wawancara dan memasukkan parameter form survey yang diberikan oleh CINET, dengan tim juri dari panitia disebar untuk mengunjungi mereka yang berasal dari Bogor, Depok, Pekalongan, Jakarta, Medan, Makassar, dan Bali.


Sepuluh nominasi dari Kilo’s laundry ialah Kirana Laundry (Pekalongan), Bogor Laundry dan Laundry Pesantren (Bogor), Rama Laundromat (Depok), Maxpress Coin Laundry, Kilo Laundry dan SHO-SHA Laundry (Jakarta), QnC Laundry (Makassar), Waz8 Laundry (Medan), serta Cuci House laundry ( Bali).


Lalu, 3 nominator dari Franchise Dry Cleaning yaitu Jeeves Indonesia, Oxxo Indonesia, dan Vivaglo.

Dewan Juri terdiri dari Ketua Umum ASLI Apik Primadya, President & CEO CINET Peter Wennekes, Business Coach Andang Kirana, perwakilan CINET Asia Tenggara Zarina Ismail, serta Atajudin Nur dari Kementerian Koperasi dan UMKM RI.


Penulis: Ning Rahayu

Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Foto: Asosiasi Laundry Indonesia (ASLI)

Sumber: https://id.investing.com/news/economy-news/indonesia-best-practices-laundry-awards-2018-hadirkan-pengusaha-laundry-terbaik-379442

Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar